IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENANAMKAN BUDAYA TOLERANSI SISWA DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2020/2021

HASAN, MUHAMMAD RIZIK (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENANAMKAN BUDAYA TOLERANSI SISWA DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZIK HASAN 23010160054.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rizik Hasan, Muhammad. 2020. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural dalam Menanamkan Budaya Toleransi Siswa di SMP N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Budaya Toleransi Latar belakang penelitian ini adalah berkaitan dengan siswa di SMP N 2 Salatiga yang beranekaragam, baik dari segi agama, budaya, aliran, dan kemampuan siswa tersebut. Selain itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk pembelajaran PAI berbasis multikultural dalam menanamkan budaya toleransi siswa di SMP N 2 Salatiga, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran PAI berbasis multikultural, serta untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi tersebut. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan). Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan obyek secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Aktivitas dalam analisis data tersebut, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam menanamkan budaya toleransi siswa adalah melalui kegiatan di dalam kelas berupa proses belajar mengajar dan di luar kelas berupa ekstrakurikuler serta kegiatan keagamaan. Implementasi pembelajaran tersebut menggunakan beberapa upaya dalam pelaksanaannya, di antaranya yaitu memberikan kebebasan dan tidak membeda-bedakan siswa, menyisipkan nilai-nilai toleransi dalam setiap pembelajaran, menggunakan metode ceramah dibarengi dengan praktik langsung. Hal tersebut di atas memberi dampak baik bagi SMP N 2 Salatiga, yaitu terwujudnya sikap saling menghargai. Selain itu segala kegiatan sekolah juga menjadi harmonis (tidak ada konflik) dan penuh akan nilai-nilai toleransi. Faktor yang mendukung dalam implementasi ini yaitu kurikulum yang baik, lingkungan sosial sekolah yang mendukung, dan sarana prasarana yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu emosional siswa belum matang, pemahaman yang berbeda, dan tidak ada dukungan dari orang tua siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2020 18:30
Last Modified: 18 Nov 2020 11:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item