PESAN KOMUNIKASI DAN REPRESENTASI NILAI KE-TUHANAN DALAM LIRIK LAGU "NOAH - TAK ADA YANG ABADI" DAN "UNGU - BILA TIBA"

Fu`ad, Muhammad Hanif (2020) PESAN KOMUNIKASI DAN REPRESENTASI NILAI KE-TUHANAN DALAM LIRIK LAGU "NOAH - TAK ADA YANG ABADI" DAN "UNGU - BILA TIBA". [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI komunikasi representasi nilai ketuhanan (fix)-converted.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hanif Fuadi, Muhammad. 2020. Pesan Komunikasi dan Representasi Nilai Ke-Tuhanan dalam Lirik Lagu “Noah – Tak Ada yang Abadi” dan “Ungu – Bila Tiba”. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Ali Sofyan, M.A. Kata Kunci : Komunikasi, Representasi Nilai, Lirik Lagu. Skripsi ini membahas tentang pesan komunikasi dan representasi nilai ke-Tuhanan dalam lirik lagu “Noah – Tak Ada yang Abadi” dan “Ungu – Bila Tiba”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana pesan komunikasi nilai ke-Tuhanan pada lirik lagu “Noah – Tak ada yang abadi dan Ungu – Bila Tiba” (2) Menganalisa representasi nilai ke-Tuhanan pada lirik lagu “Noah – Tak ada yang abadi dan Ungu – Bila Tiba”. Komunikasi merupakan proses penyampaian suatu pesan dalam bentuk lambang bermakna sebagai pikiran dan perasaan berupa ide, informasi, kepercayaan, harapan, himbauan, dan sebagai panduan yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain, baik langsung secara tatap muka maupun tidak langsung melalui media, dengan tujuan mengubah sikap, pandangan atau perilaku. Penelitian ini berfokus pada analisis semiotika yang bersifat kualitatif. Sedangkan untuk mengkaji lebih dalam tentang makna-makna yang terdapat di dalam sebuah teks lagu, penulis menggunakan analisis semiotik Rolland Barthes sebagai instrument analisis data. Selain menceritakan beberapa pengalaman spiritual para penyanyinya, beberapa lagu tersebut bercerita tentang pesan Tuhan kepada makhluknya. Lirik lagu yang disusun sedemikian rupa membuat kita terlena dalam makna eksplisit, namun apabila kita kaji dengan menggunakan analisis semiotik, kita akan mendapatkan makna yang lebih dalam tentang lagu tersebut. Hasil analisa dari lagu ini adalah pesan komunikasi dalam lirik lagu “Tak Ada yang Abadi” dan “Bila Tiba” menyampaikan pesan kepada pendengarnya untuk mengingat peristiwa kematian. Lagu ini juga mengajak pendengar untuk memperbaiki amal perbuatannya selama hidup di dunia.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 13:39
Last Modified: 19 Nov 2020 13:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10066

Actions (login required)

View Item View Item