CAHYONO, ENDY WAHYU (2020) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI ENDY WAHYU CAHYONO_23010 15 0109(.).pdf Download (1MB) |
Abstract
Cahyono, Endy Wahyu. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kledung Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning dan Guru Pendidikan Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kledung Kabupaten Temanggung dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan observasi adalah untuk membaca gambaran kondisi yang diteliti sebelum mendokumentasikan informasi yang di dapat, tujuan wawancara untuk memperoleh informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning, dokumentasi bertujuan untuk mengetahui keadaan ketika pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning yang dimana pada awalnya menggunakan metode daring, akan tetapi ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya 2) hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning, yaitu kurangnya perekonomian dari orang tua siswa, kurang minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis online, tidak semua siswa mempunyai handphone sendiri 3) guru berinovasi dalam pemecahan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning yaitu mengkombinasikan pembelajaran berbasis daring atau e-learning dengan metode luring (luar jaringan). Hasil penelitian dapat disimpulkan Inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning, guru melakukan kombinasi antara Daring dengan Luring. Berbagai hambatan yang terjadi saat pembelajaran bisa terselesaikan dengan metode belajar Luring, pelaksanaan pembelajaran dengan metode luring adalah dengan pembagian kelompok sesuai alamat domisili tempat tinggal siswa yang dimana setiap kelompok diberikan perwakilan atau ketua kelompok yang diberi tugas untuk mengontrol anggota kelompoknya baik tugas ataupun pemahaman materi dan guru mengkoordinir melalui perwakilan atau ketua kelompok yang telah ditunjuk serta tetap menjelaskan materi baik melalui WA grup.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 08:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 08:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10088 |
Actions (login required)
View Item |