PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VIII SMPN 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KUSNA, NABA UL (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VIII SMPN 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23060160071_naba ul kusna.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kusna, Naba ul. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas VIII SMPN 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, daring, IPA, Usaha dan Pesawat Sedehana Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A di SMPN 9 Salatiga. Siswa cenderung menyelesaikan soal-soal dengan menghafal dan meniru contoh soal. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Sehingga peneliti mencoba memberikan penyelesaian dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis daring untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL berbasis daring dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari kelas VIII SMPN 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis daring yang dilakukan di 2 siklus. Langkah-langkah PTK yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi yang akan dilakukan secara daring disetiap siklusnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunkan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis (soal berbentuk uraian), lembar observasi guru dan siswa, lembar angket guru dan siswa dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai evaluasi tiap siklus yang berpatokan pada KKM SMPN 9 Salatiga yakni ?76 dengan ketuntasan klasikal 85%. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 29 siswa dengan 15 Laki-laki dan 14 Perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 9 Salatiga materi Usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan ini dapat diketahui melalui hasil soal evaluasi. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 27,58% dengan nilai rata-rata kelas 70,94%. Siklus II siswa yang tuntas adalah sebanyak 23 orang atau 79,31% dengan nilai rata-rata kelas 85,51% yang sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal, dan ini menunjukan bahwa siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran PBL berbasis daring.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2020 21:24
Last Modified: 30 Nov 2020 21:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item