Urgensi Pembelajaran Matematika dalam Menyiapkan Kompetensi kognitif Santri Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Misykatul Atsar di Salatiga Tahun 2020)

NI'MAH, CHAYATUN (2021) Urgensi Pembelajaran Matematika dalam Menyiapkan Kompetensi kognitif Santri Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Misykatul Atsar di Salatiga Tahun 2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Revisi Skripsi Ni'mah. Bismillah!!.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ni’mah, Chayatun. 2020. Urgensi Pembelajaran Matematika dalam Menyiapkan Kompetensi Kognitif Santri Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Misykatul Atsar di Salatiga Tahun 2020). Skripsi. Program studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Kompetensi Kognitif, dan Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Urgensi Pembelajaran Matematika dalam Menyiapkan Kompetensi Kognitif Santri Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Misykatul Atsar di Salatiga Tahun 2020). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana urgensi pembelajaran matematika di pondok pesantren Misykatul Atsar? (2) Bagaimana cara menyiapkan kompetensi kognitif dalam pembelajaran matematika pada santri pondok pesantren Misykatul Atsar? Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengurus pesantren, pengasuh pesantren, ustadzah matematika, serta para santri di pondok pesantren Misykatul Atsar. Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) urgensi pembelajaran matematika pondok pesantren Misykatul Atsar mengatakan penting dengan beberapa alasan yaitu pertama, matematika sebagai bahasa untuk memahami ilmu pengetahuan. Kedua, matematika digunakan untuk memcahkan masalah. Ketiga, matematika sebagai implementasi ke pelajaran agama yang ada di pondok pesantren. Keempat, matematika sebagai bekal ketika Santri sudah keluar dari pondok. Sehingga waktu yang diberikan untuk pembelajaran matematika hanya terbatas. (2) Cara menyiapkan kompetensi kognitif Santri pondok pesantren Misykatul Atsar. Pertama., Cara Guru menyiapkan kompetensi kognitif santri pondok pesantren Misykatul Atsar adalah dengan memberi prolog dalam menyampaikan materi pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami santri. Kemudian dalam proses pembelajaran dengan cara menerangkan di depan kelas terkait materi yang sedang disampaikan dan memberi contoh soal kemudian diskusi tentang materi yang sudah disampaikan tadi dengan tanya jawab, setelah jelas diberi soal latihan. Kedua, Cara pengasuh dan pengurus menyiapkan kompetensi kognitif santri dalam pembelajaran matematika yaitu dengan mendatangkan guru matematika ke pondok untuk mengajar matematika setiap seminggu sekali dan sering memberinya latihan. Kemudian meminta santri untuk mengulang materi dengan teman, mengerjakan contoh-contoh soal, membiasakan diri untuk menghitung, dan harus minat ketika belajar matematika

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2021 14:00
Last Modified: 18 Feb 2021 14:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item