PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER MENUJU INTERNALISASI AKHLAKUL KARIMAH DI SMK N 3 SALATIGA TAHUN 2020

PANGESTU, AFTIKA (2021) PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER MENUJU INTERNALISASI AKHLAKUL KARIMAH DI SMK N 3 SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AFTIKA PRIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pangesti, Aftika. 2020. Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Menerapkan Pendidikan Berkarakter Menuju Internalisasi Aklakul Karimah di SMK N 3 Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Farikhah,M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pendidikan Berkarakter, dan Aklakul Karimah. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Sejauh mana tindakan guru PAI dan Budi Pekerti dalam menerapkan pendidikan karakter siswa SMK N 3 Salatiga . 2) Bagaimana bentuk penerapan pendidikan karakter menuju sikap akhlakul karimah di SMK N 3 Salatiga. 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter di SMK N 3 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siawa sebagai sumber pengumpulan data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tindakan guru PAI dan budi pekerti dalam menerapkan pendidikan karakter di SMK N 3 Salatiga siswa melalui diadakannya kegiatan spiritualitas siswa, memberikan nasehat yang baik dan keteladanan. 2) Penerapan pendidikan karakter menuju sikap akhlakul karimah di SMK N 3 Salatiga dalam menerapkan pendidikan akhlakul karimah sebagai berikut: diadakannya sholat dhuha, membaca asmaul khusna, dan melaksanakan jama’ah sholat dzuhur. 3) Faktor pendukung dan penghambat di SMK N 3 Salatiga dalam menerapkan pendidikan karakter yaitu: a. Faktor pendukung dilihat dari komitmen para guru dan keadaan lingkungan sekitar sekolah yang mayoritas pondok pesanten. b. Faktor penghambat dilihat dari sarana prasarana berupa bangunan mushola yang kurang memadai, latar belakang penanaman pendidikan karakter setiap siswa berbeda-beda dan siswa kurang bijaksana dalam pengunaan gadged.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2021 09:20
Last Modified: 22 Feb 2021 02:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item