KRISMONO, ACHMAD KURNIADI (2021) PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS DAN ETIKA SOSIAL PADA SANTRI DI POMDOK PESANTREN SEKAR PUTIH DUSUN BLEMBENG DESA PURWODADI KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI PRINT.pdf Download (2MB) |
Abstract
Krismono, Achmad Kurniadi. 2020. Pembinaan Sikap Religius Dan Etika Sosial Pada Santri Di Pondok Pesantren Sekar Putih Dusun Blembeng Desa Purwodadi Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang 2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembinaan, Santri, Sikap Religius, Etika Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pondok pesantren Sekar Putih dalam pembinaan Sikap Religius dan Etika Sosial pada santri dan faktor apa saja yang menjadi Penunjang dan Penghambat dalam upaya pembinaan sikap religius dan etika sosial santri pondok pesantren Sekar Putih Magelang. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan melaluiwawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ini diperoleh melalui tringulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dua poin, yang pertama yaitu terdapat beberapa metode dalam upaya pembinaan sikap religius dan etika sosial santri pondok pesantren Sekar Putih Magelang. Kemudian yang kedua adalah faktor penunjang dan penghambat. Poin yang pertama mengenai beberapa metode diantaranya :1) Metode keteladanan berupa mencium tangan antara santri dengan pengasuh ketika bersalaman, 2) Metode pembiasaan berupa program mengaji kitab berbahasa arab yang dilakukan setiap habis maghrib dan shubuh, 3) Metode Ibrah atau pelajaran dengan diterapkannya program madrasah diniah, 4) Metode nasihat dengan diterapkannya program pengajian oleh pengasuh, 5) Kedisiplinan dengan diterapkankannya program piket santri, 6) Pujian atau penghargaan bagi santri yang berprestasi dan hukuman bagi santri yang melanggar aturan pesantren. Selanjutnya tentang poin kedua yang menjadi faktor penunjang diantaranya : 1) Dukungan fasilitas, 2) Kesadaran santri dalam menjalankan program pesantren, 3) Motivasi dan nasihat oleh pengasuh, 4) Dukungan do’a dari para wali santri. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya: 1), Adanya sebagian santri yang malas, 2) Beberapa santri yang melanggar aturan pesantren, 3) Sebagian santri yang meremehkan kegiatan dan program pesantren.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 10:47 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 10:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10443 |
Actions (login required)
View Item |