RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SERI DONGENG POPULER ANAK INDONESIA KARYA TIRA IKRANEGARA DAN MB. RAHIMSYAH DENGAN MATERI PENGEMBANGAN KARAKTER DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Rahayu, Anggi Astri (2021) RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SERI DONGENG POPULER ANAK INDONESIA KARYA TIRA IKRANEGARA DAN MB. RAHIMSYAH DENGAN MATERI PENGEMBANGAN KARAKTER DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Anggi Astri Rahayu(23040160028)_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Buku Seri Dongeng Populer Anak Indonesia dan mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter Buku Seri Dongeng Populer Anak Indonesia dengan Silabus kelas III Madrasah Ibtidaiyyah kurikulim 2013 revisi 2018.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau riset kepustakaan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, lengger, agenda, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, dan sebagainya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam buku Seri Dongeng Populer Anak Indonesia adalah (1) Religius, (2) Jujur, (3) Toleransi, (4) Disiplin, (5) Kerja keras, (6) Kreatif, (7) Mandiri, (8) Demokratis, (9) Rasa ingin tahu, (10) Cinta tanah air, (11) Menghargai prestasi, (12) Bersahabat/Komunikatif, (13) Cinta damai, (14) Peduli lingkungan, (15) Peduli sosial, dan 16) Tanggung jawabdengan nilai pendidikan karakter yang paling banyak ditemukan adalah Nilai Peduli Sosial. Selanjutnya implementasi nilai pendidikan karakter pada materi dongeng silabus kelas III kurikulum 2013 revisi 2018 terdapat pada Tema 2 Subtema 1 dan 2 pembelajaran 1, 2, 3, 4, dan 6 dengan 9 nilai pendidikan karakter yang ditemukan, yaitu (1) Religius, (2) Kerja keras, (3) Rasa ingin tahu, (4) Menghargai prestasi, (5) Bersahabat/Komunikatif, (6) Cinta damai, (7) Peduli lingkungan, (8) Peduli sosial, dan (9) Tanggungjawab.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2021 11:26
Last Modified: 23 Mar 2021 04:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item