Jazuli, Imam Aris (2021) EVALUASI DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH BODEAN, PRINGSURAT, TEMANGGUNG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI IMAM ARIS JAZULI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jazuli, Imam Aris. 2020. Evaluasi Desain Pembelajaran Model Pesantren untuk Meningkatkan Kompetensi dan Pendidikan Karakter pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Falah, Bodean, Pringsurat, Temanggung) Tahun 2020. Skripsi. Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci: Desain Pembelajaran, Kompetensi, Pendidikan Karakter Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui evaluasi meningkatkan kompetensi dan pendidikan karakter pada siswa di MA Darul Falah, Pringsurat, Temanggung. 2) Untuk mengetahui penghambat dalam evaluasi meningkatkan dan pendidikan karakter pada siswa di MA Darul Falah, Pringsurat, Temanggung. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam evaluasi meningkatkan kompetensi dan pendidikan karakter pada siswa di MA Darul Falah, Pringsurat, Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan metode analisis menurut Miles dan Huberman, dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Evaluasi desain pembelajaran model pesantren merupakan suatu cara ataupun strategi pendidikan baru yang sangat baik untuk meningkatkan kompetensi dan pendidikan karakter pada siswa di Madrasah Aliyah Darul Falah Bodean, Temanggung. 2). Faktor penghambat dalam pelaksanaan evaluasi desain pembelajaran model pesantren untuk meningkatkan kompetensi dan pendidikan karakter pada siswa di Madrasah Aliyah Darul Falah Bodean, Temanggung dikarenakan beberapa faktor seperti adanya siswa yang tidak tinggal di pesantren, media pembelajaran yang terbatas, dan tidak hadirnya beberapa personil kelembagaan ketika proses evaluasi bulanan, evaluasi semesteran, maupun evaluasi tahunan. 3). Faktor pendukung dalam proses evaluasi desain pembelajaran model pesantren untuk meningkatkan kompetensi dan pendidikan karakter pada siswa di Madrasah Aliyah Darul Falah Bodean, Temanggung yakni adanya sinergitas yayasan Darul Falah terutama antara pesantren dan madrasah, pembelajaran yang bersifat continue antara pesantren dan madrasah, dan lingkungan pesantren dan madrasah yang berada dalam satu kompleks.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 15:07 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 15:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10650 |
Actions (login required)
View Item |