ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA KECAMATAN SIDOMUKTI, KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2020/2021

ANGGITA, IKA NUR (2021) ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA KECAMATAN SIDOMUKTI, KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Ika Nur Anggita (23070160013).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anggita, Ika Nur. 2021. Analisis kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga kecamatan Sidomukti, kota Salatiga tahun ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si, M.Pd Kata kunci: kesiapan siswa, hasil belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga kecamatan Sidomukti, kota Salatiga tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode ex pose facto. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Sampel penelitian yang digunakan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan diambil dari kelas VIII G dan VIII H dengan jumlah 67 siswa. Variabel dalam peneilitian ini terdiri dari kesiapan siswa dan hasil belajar, dimana kesiapan siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pembelajaran daring diukur dengan sebaran angket dan hasil belajar diukur dengan nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan metode ex pose facto. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa siap melaksanakan pembelajaran daring, dengan perolehan data dari 25 pernyataan yang diberikan peneliti kepada 67 responden. Lebih kurang terdapat 7 pernyataan dalam kategori sangat baik, 12 pernyataan dalam kategori baik, 5 pernyataan dalam kategori cukup baik dan 1 pernyataan dalam kategori kurang baik. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan teknologi yang ada, siswa maupun pendidik siap dalam melaksanakan pendidikan daring. Hasil belajar yang dihasilkanpun cukup memuaskan dengan 51 dari 67 siswa dapat mendapatkan nilai di atas KKM. Sedangkan 16 siswa lainnya masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal itu dibuktikan dengan nilai rapor siswa. Setelah menjalani pembelajaran daring lebih kurang dua semester akibat adanya pandemi COVID-19 terlihat bahwa hasil yang didapatkan dalam pembelajaran daring cukup memuaskan, walaupun beberapa siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM dari KKM yang sudah ditetapkan sekolah, yaitu sebesar 72. Berdasarkan nilai rapor 76,1% siswa mendapatkan nilai lebih atau sama dengan 72 dan 23,9% siswa mendapatkan nilai dibawah 72. Dan ada keterikatan mengenai kesiapan siswa dalam pembelajaran daring dengan hasil yang didapatkan siswa. Hal itu dikarenakan kesiapan siswa sangat berpengaruh terhadap pembelajaran daring yang akan berlangsung.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2021 00:10
Last Modified: 07 Apr 2021 00:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item