PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI KETENTUAN MAKANAN HALAL DAN HARAM DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN PROBING PROMTING PADA SISWA KELAS VIII B DI MTS SUDIRMAN BANTAL KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

INAYAH, DINA NURUL (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI KETENTUAN MAKANAN HALAL DAN HARAM DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN PROBING PROMTING PADA SISWA KELAS VIII B DI MTS SUDIRMAN BANTAL KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DINA NURUL INAYAH 23010170234.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Ketentuan Makanan Halal dan Haram dengan Model Group Investigation dan Probing Promting pada Kelas VIII B di MTs Sudirman Bantal Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Karena rendahnya nilai pada mata pelajaran Fiqih dan kurangnya guru dalam menguasai dalam penerapan model-model pembelajaran. Pertanyaan yang akan dijawab oleh penelitian ini adalah apakah penggunaan model Group Investigation dan Probing Promting dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi ketentuan makanan halal dan haram pada siswa kelas VIII B di Mts Sudirman Bantal Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2020/2021? Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Sudirman Bantal tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 25 Februari dan 4 Maret 2021. Teknik pengumpulan yang digunakn adalah tes, oservasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini secara individual siswa mendapat nilai di atas KKM 75 atau ketuntasan secara klasikal siswa di kelas mencapai 85%. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan tiap siklus yang sudah dilaksanakan. Terlihat dari 15 siswa sebelum diterapkanya model Group Investigation dan Probing Promting yang mendapatkan nilai di atas KKM hanya 2 siswa atau 13,33% dengan rata-rata 54,33. Kemudian setelah diterapkanya model pada pembelajaran siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa atau 40% dengan nilai rata-rata 71,6. Hasil ini mengalami peningkatan 26, 67%. pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 93,33% dengan nilai rata-rata 82,93. Jika dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 53,33%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Group Investigation dan Probing Promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII B di MTs Sudirman Bantal tahun pelajaran 2020/ 2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 14:21
Last Modified: 14 Jun 2021 07:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item