PERAN GURU DALAM MENGATASI RASA KURANG PERCAYA DIRI SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 TAHUN AJARAN 2020/2021

faizah, fitriya nurul (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI RASA KURANG PERCAYA DIRI SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FITRIYA NURUL FAIZAH 23040170103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faizah, Fitriya Nurul. 2020. Peran Guru dalam Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri Siswa pada Proses Pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Suwardi, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui peran guru dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa pada proses pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01; 2) mengetahui faktor penghambat guru dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa pada proses pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01; 3) mengetahui faktor yang mendukung guru dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa pada proses pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah guru kelas IV, guru kelas V, guru kelas VI, berserta kepala sekolah MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, redukasi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan; 1) peran guru dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa pada proses pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 sudah berjalan dengan baik. Dalam hal ini guru berperan cukup baik pada saat proses pembelajatan berlangsung; 2) faktor penghambat guru dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa pada proses pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 adalah faktor intern atau faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut. Faktor yang muncul dari dalam diri siswa meliputi siswa yang masih cenderung diam meskipun guru telah memberikan motivasi kepada siswa tersebut, siswa masih belum bisa terbuka dengan guru terkait dengan apa yang mereka rasakan; 3) faktor yang mendukung guru dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa pada proses pembelajaran di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 diantaranya teman sebaya dan antar sesama guru. Selain teman sebaya dan antar sesama guru, faktor lain yang dapat mendukung guru yaitu lingkungan. Lingkungan yang baik tentunya juga akan berpengaruh terhadap suatu proses pembelajaran.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 09:55
Last Modified: 22 Jun 2021 02:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item