IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH GENENGADAL TOROH KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

MUAWANAH, HIDAYATUL (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH GENENGADAL TOROH KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ACC SKRIPSI Hidayatul Muawanah 23010170169.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Muawanah, Hidayatul. 2021. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Genengadal Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Fatchurrohman, M.Pd. Kata kunci: Manajemen Berbasis Madrasah; Mutu Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi manajemen berbasis madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Kabupaten Grobogan serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu Kepala madrasah, Wakil Kepala bagian kurikulum, Wakil Kepala bagian sarana dan prasarana, Wakil Kepala bagian Humas, Wakil Kepala bagian Kesiswaan, Kepala TU dan Guru Mapel. Analisa data pada penelitian ini dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Kabupaten Grobogan di tandai dengan Kemandirian madrasah dalam memenuhi ketersedian tenaga pendidik dan pendidik. Keluwesan madrasah sudah baik, dilihat dari upaya madrasah dalam mengelola serta mengembangkan kurikulum, pembelajaran dan juga peserta didik. Partisipasi di madrasah dilihat melalui partisipasi masyarakat dan juga orang tua peserta didik yang dilihat melalui dukungan dana, fasilitas, dan juga tenaga dalam penyelenggaraan program madrasah. Inisiatif madrasah dilihat dari upaya madrasah dalam memingkatakan kompetensi serta pengalaman pendidik; 2) Faktor pendukung implementasi manajemen berbasis madrasah yaitu pemberiaan kewenangan dari pemerintah, kemudian dukungan dari pendidik serta karyawan; 3) Faktor penghambat implementasi manajemen berbasis madrasah yaitu peserta didik, partisipasi masyarakat dan orang tua peserta didik, serta prasarana dan prasarana yang masih belum sepenuhnya memadahi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 11:00
Last Modified: 22 Jun 2021 04:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item