WISNU, ANDIKA (2021) Model Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus di Kota Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
Wisnu, Andika. 2021. Model Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus di Kota Semarang). Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI), faktor penghambat dan faktor pendukungnya dan model evaluasi penjaminan mutu pendidikan agama islam di sekolah dasar (studi multi kasus di Kota Semarang). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian etnometodologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: 1) observasi; 2) wawancara, dan; 3) dokumentasi. Yang divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini berupaya untuk memperoleh informasi-informasi tentang penjaminan mutu pendidikan agama islam di sekolah dasar (studi multi kasus di Kota Semarang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi SPMI pada sekolah dasar di Kota Semarang sudah berjalan baik di sekolah model. Budaya penjaminan mutu juga tumbuh pada proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik di sekolah model; 2) Faktor yang menjadi penghambat antara lain masih kurangnya pemahaman warga sekolah dalam melakukan evaluasi diri sekolah (EDS), kinerja dari TPMPS yang masih belum optimal, SDM yang terbatas, keterlibatan orang tua yang masih minim, dan belum adanya anggaran khusus untuk penjaminan mutu pendidikan di sekolah dasar. Sedangkan, Faktor pendukung dalam penjaminan mutu di sekolah dasar antara lain adanya komitmen yang tinggi untuk mewujudkan sekolah bermutu dari komponen sekolah, stakeholder yang peduli, serta sarana dan prasarana pembelajaran yang terpenuhi dan layak; 3) Model evaluasi penjaminan mutu pendidikan agama islam di sekolah dasar dari ketiga sekolah model SPMI yang diteliti antara lain SDN Wonotingal menggunakan goal free evaluation model, lalu SDN Dadapsari menggunakan transactional evaluation model, dan SDN Rejosari 01 menggunakan goal oriented evaluation model. Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangan. Penggunaan model evaluasi berdasarkan pada situasi, kondisi, dan kebutuhan setiap satuan pendidikan. Kata Kunci: Model Evaluasi, Penjaminanan Mutu, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 09:11 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 02:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10972 |
Actions (login required)
View Item |