PENGARUH MOTIVASI SPIRITUAL, PENGENDALIAN DIRI DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB TERHADAP ETOS MENGAJAR DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada SD Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Salatiga Tahun 2021)

Suliwati, (2021) PENGARUH MOTIVASI SPIRITUAL, PENGENDALIAN DIRI DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB TERHADAP ETOS MENGAJAR DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada SD Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Salatiga Tahun 2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Suliwati. Pengaruh Motivasi Spiritual, Pengendalian Diri dan Sikap Tanggung Jawab terhadap Etos Mengajar dengan Kebermaknaan Hidup sebagai Variabel Moderating (Studi pada SD PTQ Annida Salatiga tahun 2021).Tesis. 2021. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Etos mengajar merupakan salah satu hal penting dalam mewujudkan keberhasilan sebuah pendidikan. Realitasnya dalam dunia pendidikan masih dijumpai guru dengan tingkat etos mengajar yang rendah. Tinggi rendahnya etos mengajar dipengaruhi oleh pola berfikir secara ukhrawi yang mengantarkan guru pada pemahaman akan makna hidupnya. Guru yang memiliki etos mengajar yang tinggi sangat dipengaruhi dari sikap dan perilakunya dalam memaknai kehidupannya melalui adanya motivasi spiritual, pengendalian diri dan sikap tanggung jawab yang dimilikinya, begitupun sebaliknya. Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi spiritual, pengendalian diri dan sikap tanggung jawab terhadap etos mengajar dengan kebermaknaan hidup sebagai variabel moderating. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat motivasi spiritual, pengendalian diri, sikap tanggung jawab, kebermaknaan hidup dan etos mengajar, membuktikan pengaruh antar variabel bebas dan terikat, membuktikan pengaruh variabel moderator. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitafif dengan teknik pengambilan sampel jenuh yaitu melibatkan semua guru di SD PTQ Annida yang berjumlah 38 orang sebagai sampelnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen angket yang terdiri dari angket motivasi spiritual, pengendalian diri, sikap tanggung jawab dan kebermaknaan hidup. Analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh motivasi spiritual, kebermaknaan hidup dan sikap tanggung jawab terhadap etos mengajar dengan nilai signifikansi positif sebesar 0,000. Berdasarkan uji moderated regression analysis (MRA) dapat diketahui bahwa variabel kebermaknaan hidup memperkuat motivasi spiritual, pengendalian diri dan sikap tanggung jawab terhadap etos mengajar dengan nilai signifikansi positif yaitu 0,000. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,938 menunjukkan bahwa 93,8% etos mengajar dapat dijelaskan dari variabel bebas dan variabel moderating yang diteliti dalam penelitian ini sisanya 6,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model diantaranya kompetensi guru, kinerja guru, supervisi akademik dan faktor lainnya. Sumbangan efektif variabel kebermaknaan hidup dalam memperkuat pengaruh motivasi spiritual adalah sebesar 59,1% Hal ini menunjukkan bahwa kebermaknaan hidup mempunyai pengaruh yang lebih dominan daripada motivasi spiritual, pengendalian diri dan sikap tanggung jawab. Sumbangannya lebih dari 50% menunjukkan bahwa kebermaknaan hidup memiliki pengaruh yang sangat besar. Kata Kunci: Motivasi Spiritual, Pengendalian diri, Sikap Tanggung Jawab, Etos Mengajar, Kebermaknaan Hidup ABSTRACT Suliwati. The Influence of Motivation, Self-control, and Attitude of Responsibility on the Ethos of Teaching with Meaningful Life as a Moderating Variable (Study at PTQ Annida Elementary School Salatiga in 2021). Thesis. 2021. Advisor: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. The ethos of teaching is one of the keys in creating the success of education. The fact in the education field is the teachers are still found teaching with low level ethos. The high and low teaching ethos is influenced by the ukhrawi thinking pattern that leads the teacher to an understanding of the meaning of his life. Teachers who have a high teaching ethos are greatly influenced by their attitudes and behaviors in meaning their lives through the presence of spiritual motivation, self-control and attitude of responsibility that they have, and conversely. This study examined the influence of spiritual motivation, self-control, and attitude of responsibility toward the meaning of life with the meaning of life as moderating variables. The purpose of this study is to see the level of spiritual motivation, self-control, the attitude of responsibility, meaningfulness of life, and teaching ethos, prove the influence between free and bound variables, and prove the influence of moderator variables. The type of this research is descriptive quantitative research with saturated sampling techniques that involves all teachers at PTQ Annida Elementary School with the number of 38 people as samples. The method of the data collection is a questionnaire instrument consisting of a questionnaire of spiritual motivation, self-control, an attitude of responsibility, and meaningfulness of life. The data analysis used includes the classic assumption test, multiple regression test, and moderated regression analysis (MRA). The result of this study is there is an influence of spiritual motivation, spiritual significance, and attitude of responsibility toward the ethos of teaching with a positive significance value of 0.000. Based on moderated regression analysis (MRA) test, it can be known that the variable meaning of life strengthens spiritual motivation, self-control, and attitude of responsibility towards teaching ethos with a positive significance value of 0.000. The coefficient of determination of 0.938 indicates that 93.8% variation of teaching ethos can be explained from free variables and moderating variables studied in this study the remaining 6.2% explained by other factors outside the model including teacher competence, teacher performance, academic supervision, and other factors. The effective contribution of the meaningfulness of life in strengthening the influence of spiritual motivation is 59.1%. This shows that the meaning of life has a more dominant influence than spiritual motivation, self-control and an attitude of responsibility. Its contribution of more than 50% indicates that the meaning of life has a very big influence. Keywords: Spiritual Motivation, Self-Control, Attitude of Responsibility, Teaching Ethos, Meaning of Life

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2021 13:22
Last Modified: 24 Jun 2021 13:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item View Item