ISTIROCHAH, SITI (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBINAAN MORAL KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMK KESEHATAN DARUSSALAM KELURAHAN GEBUGAN KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Siti Istirochah 23010160345.pdf Download (3MB) |
Abstract
Istirochah, Siti. 2021. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pembinaan Moral Keagamaan pada Siswa di SMK Kesehatan Darussalam Kelurahan Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Siti Rukhayati, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pembinaan Moral Keagamaan Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam dalam pembinaan moral keagamaan pada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Darussalam kelurahan Gebugan kecamatan Bergas kabupaten Semarang. (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pembinaan moral keagamaan pada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Darussalam kelurahan Gebugan kecamatan Bergas kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pembinaan Moral Keagamaan pada Siswa di SMK Kesehatan Darussalam Kelurahan Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang meliputi: pembiasaan, keteladanan, pemberian motivasi, anjuran dan nasehat, pengawasan, dan hukuman. Selain itu adapula kegiatan-kegiatan sekolah yang menunjang dalam pembinaan moral keagamaan pada siswa di SMK Kesehatan Darussalam Kelurahan Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang yaitu: shalat dhuha dan duhur berjamaah, mujahadah, dan rohis. (2) Faktor penghambatnya yaitu latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurang adanya keseimbangan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat yang berdampak tidak terimplementasikannya pembinaan moral keagamaan yang diterapkan oleh sekolah, kurangnya kesadaran siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sedangkan faktor pendukungnya, adanya dukungan dari bapak Kepala Sekolah, adanya peraturan sekolah yang selaras dengan dengan strategi pembinaan moral keagamaa, serta lingkungan yang kondusif.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 10:51 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11015 |
Actions (login required)
View Item |