MAKHFUD, AKHMAD (2021) NILAI LITERASI SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1–5 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN IMPLEMENTASINYA DI MTs AL USWAH, KEC. BERGAS, KAB. SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nilai Literasi Surat al-’Alaq Ayat 1–5 Dalam Tafsir al-Mishbah Dan Implementasinya Di Mts Al Uswah, Kec. Bergas, Kab. Semarang Tahun 2021. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Prof. Dr. Budihardjo, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendiskripsikan tentang Tafsir al-Mishba<h. (2) Untuk mendeskripsikan konsep nilai literasi surat al-’Alaq ayat 1-5 dalam Tafsir al-Mishba<h. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai literasi Surat al-’Alaq ayat 1-5 dalam Tafsir al-Mishba<h di MTs Al Uswah Kec. Bergas, Kab. Semarang Tahun 2021. Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (Library Reasearch), yakni penelitian yang mengkaji dan mendalami beragam sumber tertulis yang berkaitan dengan tema yang di usung penulis yaitu nilai literasi surat al-’Alaq ayat 1–5 dan implementasinya di tingkat sekolah madrasah tsanawiyah dengan menjadikan Tafsīr al-Mishbah karya M. Quraish Shihab sebagai sumber rujukan utama. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis di dalam penelitian ini pokok bahasan berupa Nilai Literasi Surat al-’Alaq ayat 1–5 Dalam Tafsir Al-Mishba<h dan Implementasinya di MTs Al Uswah Kec. Bergas, Kab. Semarang akan dibahas dengan jelas, runtut dan terarah. Berdasarkan hasil analisis buku Tafsir al-Mishbah dan penelitian di MTs Al Uswah Kec. Bergas, Kab. Semarang menunjukkan bahwa: (1) Buku Tafsir al-Mishbah merupakan buku Tafsir al-Qur’an buah karya Prof. Dr. Quraish Shihab yang mana buku tersebut menggunakan metode tafsir tahlili (analitik), yaitu suatu metode tafsir al-Qur’an yang bermaksud ingin menjelaskan kandungan-kandungan ayat al-Qur’an dari seluruh aspeknya dan mengikuti urutan ayat dan surat yang telah tersusun dalam mushaf al-Qur’an sekarang. Dalam sistematika penulisan Tafsir al-Mishba<h, Quraish Shihab memulai dengan menjelaskan tentang maksud dari firman Allah SWT dengan Bahasa yang dapat dipahami banyak orang, dikondisikan dengan lingkungan budaya serta perkebangan ilmu pengetahuan masa kini. (2) Nilai literasi di dalam Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5 menurut Tafsir Al-Mishba<h terdiri dari empat aspek nilai yaitu nilai membaca, nilai meneliti, nilai menulis, dan nilai mengajarkan. (3) Adapun terkait implementasi nilai literasi guna meningkatkan minat baca dikalangan siswa-siswi maka kepala MTs Al-Uswah Kec. Bergas, Kab Semarang menerapkan kebijakan tentang program gerakan literasi pagi. Sedanglan implementasi Nilai Menulis yang diterapkan guna memberikan wadah untuk peserta didik dalam mengekspresikan karyanya dalam bentuk tulisan, Maka, telah disediakan fasilitas berupa majalah dinding di setiap kelas. Serta yang berkaitan dengan implementasi Nilai Mengajarkan yang diterapkan untuk melatih peseta didik agar mampu menyampaikan suatu informasi atau pengetahuan di muka umum atau public speaking. Maka, peserta didik dijadwal secara bergilir untuk kultum (kuliah tujuh menit) selepas sholat jamaah dhuhur pada hari Senin hingga Kamis. Sedangkan untuk nilai meneliti belum diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 20:41 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 13:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11146 |
Actions (login required)
View Item |