Mufidah, Lailatul (2016) Peningkatan Hasil Belajar PAI Aspek Kognitif Melalui Metode Jigsaw Learning Pada Siswa Kelas VIII C SMP Islam Sudirman Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
Laila.docx2.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa SMP Islam Sudirman Ampel saat pembelajaran PAI. Salah satu penyebabnya rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah yang dikaji adalah Apakah Jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam aspek kognitif pada siswa kelas VIII C SMP Islam Sudirman Ampel kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII C SMP Islam Sudirman Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata pada pra siklus adalah 69,47 dan ketuntasan belajarnya 36,84% atau 7 siswa. (2) Nilai rata-rata pada siklus I adalah 75,26 dan ketuntasan belajarnya 57,89% atau 11 siswa. (3) Nilai rata-rata pada siklus II adalah 87,63 dan ketuntasan belajarnya 89.47% atau 17 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi puasa dan zakat pada siswa kelas VIII C SMP Islam Sudirman Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 07:51 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 07:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1125 |
Actions (login required)
View Item |