PENGEMBANGAN EMODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA DAN LIMAS SEGI BANYAK KELAS VIII SMP/ MTS

malikhatuzzahroh, eli (2021) PENGEMBANGAN EMODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA DAN LIMAS SEGI BANYAK KELAS VIII SMP/ MTS. [UNSPECIFIED]

[img] Text
E-Modul okeeeee (2).pdf

Download (4MB)
[img] Text
ELI MALIKHATUZZAHROH 23070170065-2.pdf

Download (6MB)

Abstract

Malikhatuzzahroh, Eli. 2021. Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas Segi Banyak Kelas VIII SMP / MTs Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci : e-modul matematika, active knowledge sharing, dan prestasi belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul pembelajaran matematika berbasis active knowledge sharing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas segi banyak kelas VIII SMP/ MTs yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang berbasis active knowledge sharing / aktif berbagi informasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan skala likert, dan untuk menilai keefektifan e- modul, peneliti menggunakan penilain acuan patokan (PAP) sebagai teknik penilaian dalam menginterprestasikan hasil pengukuran nilai ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis active knowledge sharing merupakan bahan ajar digital yang relevan saat ini, bahan ajar yang dapat menarik minat belajar siswa, menumbuhkan sikap positif siswa, memberikan pengalaman baru serta bentuk variansi bahan ajar yang dapat menunjang prestasi belajar siswa. Dari hasil validasi ahli materi tahap akhir diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 89,3% dengan kriteria sangat baik dan keterangan tanpa revisi. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor akhir sebesar 74% dengan kriteria baik, dari hasil ke-2 validasi ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran matematika berbasis active knowledge sharing dikatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terhadap kepraktisan penggunaan e-modul diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 85,92% dengan kriteria sangat baik dan 91,39% dengan kriteria sangat baik, Rata-rata menunjukkan bahwa e-modul berbasis active knowledge sharing dikatakan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan keefektifan e-modul melalui soal latihan yang diberikan, dapat diketahui tingkat pemahaman siswa pada uji coba produk, siswa dengan kemampuan di atas kriteria yang ditetapkan pada uji coba kelompok kecil sebanyak 90% dan sebanyak 93% pada uji coba lapangan. Dari persentase yang diperoleh tersebut, menunjukkan bahwa siswa mampu mendapatkan nilai di atas kriteria yang di tetapkan. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis active knowledge sharing yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan efektif dan menunjang prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Bonang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:20
Last Modified: 16 Aug 2021 01:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item