Latri, Wiga Serliati (2016) Implementasi Konsep Humanisme (Manootniyom) Dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus di Seangprathip Wittaya Mulniti School, Pattani Thailand Selatan). Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI WIGA SERLIATI LATRI 111 11 103.pdf Download (3MB) |
Abstract
Konsep humanisme (Manootniyom) religius merupakan sebuah konsep keagamaan yang menempatkan manusia sebagai manusia, serta upaya humanisasi ilmu-ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablum minallah dan hablum minannas. Yang jika konsep ini diimplementasikan dalam praktek dunia pendidik Islam akan berfokus pada akal sehat (common sense), individualisme (menuju kemandirian), tanggung jawab (responsible), pengetahuan yang tinggi (first for knowledge), menghargai orang lain (pluralisme), kontektualisme (hubungan kalimat), lebih mementingkan fungsi dari simbol, serta keseimbangan antara reward dan punishment. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana implementasi konsep humanisme dalam pembelajaran PAI?, 2) faktor penghambat apa saja dalam penerapan konsep humanisme dalam pembelajaran PAI?, dan 3) bagaimana upaya penyelesaian faktor penghambat penerapan konsep humanisme dalam pembelajaran PAI? Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Implementasi konsep humanisme dalam pembelajaran PAI yaitu melalui proses pembelajaran PAI dengan memberikan suatu permasalahan yang disesuaikan dengan standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang dipadukan dengan materi serta metode yang telah disesuaikan, serta mengaitkan materi-materi pembelajaran PAI tersebut dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar kehidupan dari peserta didik. 2) Faktor penghambat dalam penerapan konsep humanisme yaitu minimnya pemahaman guru PAI akan konsep humanisme dalam proses pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana sebagai media pendukung penerapan konsep humanisme dalam proses pembelajaran PAI, dan kurangnya partisipasi wali murid dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran PAI. 3) Upaya penyelesaian faktor penghambat penerapan konsep humanisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu mengikutkan guru PAI ke berbagai kegiatan serta mengadakan pertemuan dengan wali murid secara berkala dan rutin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 08:24 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 08:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1131 |
Actions (login required)
View Item |