EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOMIK STRIP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NU SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

LESTARI, WAHYU PUJA (2021) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOMIK STRIP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NU SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Revisi Munaqosah Wahyu Puja Lestari 23060170078.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lestari, Wahyu Puja. 2021. Efektivitas Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Komik Strip Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Nahdlatul Ulama (NU) Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based learning, Komik Strip, dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA materi Pemcemaran Lingkungan kelas VII SMP NU Suruh tahun pelajaran 2020/2021 melalui pembelajaran PBL berbantuan Komik Strip, (2) mengetahui hasil belajar IPA materi Pemcemaran Lingkungan kelas VII SMP NU Suruh tahun pelajaran 2020/2021 melalui pembelajaran konvensional, (3) mengetahui efektivitas penggunaan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Komik Strip terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII materi Pencemaran Lingkungan di SMP NU Suruh tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dan masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttest soal, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji Independent Samples T-Test yang dihitung menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest 86 dan siswa kelas kontrol 81. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (86 > 81). Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai -thitung (-2,084) < ttabel (2,024) dengan nilai signifikansi (0,044) < 0,05, maka berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran menggunakan PBL berbantuan Komik Strip efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII materi Pencemaran Lingkungan di SMP NU Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu murni
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2021 08:56
Last Modified: 02 Aug 2021 02:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11315

Actions (login required)

View Item View Item