Kuswaya, Adang (2021) Similarity artikel prosiding international berjudul Validating ...
Text
Hasil Cek Similarity#6%# Validating the Design of integrated science-tafseer learning model (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kelayakan desain model pembelajaran IPA-tafsir terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Responden penelitian ini adalah dosen tafsir dan dosen sains di IAIN Salatiga, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket skala likert. Teknik analisis data adalah dengan menghitung rata-rata skor penilaian penelitian yang dilakukan oleh tiga ahli kemudian dilakukan interpretasi terhadap skor rata-rata kategori yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata penilaian konsep model pembelajaran IPA-tafsir terpadu yaitu pada indikator rasionalitas model, karakteristik model, unsur tahapan model, unsur tugas pribadi, manfaat psikologis dan manfaat fisiologis, oleh tiga ahli ( ahli IPA, tafsir dan model) sebesar 4,58 (sangat baik). Dengan demikian desain model pembelajaran IPA-tafsir terpadu layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi aspek relevansi dan konsistensi serta memberikan kontribusi terhadap pemahaman IPA-tafsir terpadu bagi mahasiswa program studi pendidikan IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 17:22 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 17:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11331 |
Actions (login required)
View Item |