Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye

Nurhidayati, Tri Agustina (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI SIAP TINA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada zaman global ini diperlukan pendidikan yang menyesuaikan dengan perkembangan zamanya untuk membekali anak-anak agar mempunyai kepribadian dan akhlak yang baik, salah satunya adalah dengan cara menanamkan pendidikan Islam sejak dini kepada anak. Novel Bidadari-Bidadari Surga adalah novel yang banyak memberikan inspirasi bagi kehidupan. Karena didalamnya banyak terkandung sebuah moral dan nilai-nilai pendidikan yang Islami, dapat memotivasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Apa sajakah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye 2. Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye dengan praktik pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis (descriptive of analyze research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan karya sastra, yaitu pendekatan pragmatik. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye diantaranya: nilai pendidikan aqidah/keimanan (iman kepada Allah, iman kepada kitab-Nya, iman kepada Rasul dan Nabinya, iman kepada hari akhir, iman kepada qadla dan qadar), nilai pendidikan syari’ah/ibadah (adzan, wudu, salat, salat berjama’ah, salat tahajud, berdoa, membaca al qur’an, zakat, perkawinan/pernikahan), nilai pendidikan akhlak yaitu (a) akhlak kepada Allah (tawakal, ikhlas, bertaubat, bersyukur), (b) akhlak kepada diri sendiri (sabar, jujur, niat, tanggung jawab, optimis, menutup aurat, disiplin, syaja’ah/berani), (c) akhlak kepada orang tua (birrul walidain, sopan santun), dan (d) akhlak kepada sesama (menjaga aib, gotong royong, berbuat adil, saling memaafkan, peduli, mengucapkan salam). (2) Relevansi nilai pendidikan Islam dengan praktik pendidikan Islam masa kini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang harus dilakukan sedini mungkin baik dirumah, sekolah maupun lingkungan masyarakat, untuk membentuk pribadi yang berkarakter dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:52
Last Modified: 09 Mar 2017 08:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item