WATI, ATIKA SASMITA (2021) DAMPAK POSITIF PEMBELAJARAN DARING SENI RUPA KOLASE DALAM KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI BA AISYIYAH POKAK KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ATIKA SASMITA WATI 23050170029.pdf Download (5MB) |
|
Text
ATIKA SASMITA WATI 23050170029.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Wati, Atika Sasmita, 2021. Dampak Positif Pembelajaran Daring Seni Rupa Kolase dalam Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia 4-6 Tahun di BA Aisyiyah Pokak Kec Ceper Kabupaten Klaten Tahun 2021. Skripsi: Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin,M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran daring, Seni rupa kolase, Kecerdasan Visual-Spasial, Anak Usia 4-6 tahun Dengan adanya pandemi covid-19 pendidikan anak usia dini di BA Aisyiyah Pokak Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten tetap melaksanakan pembelajaran, meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran untuk mencegah penyebaran covid-19. Salah satu pembelajaran daring ini untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 4-6 tahun ini melalui media pembelajaran seni rupa kolase dengan menggunakan bahan tutup botol bekas, potongan kertas dan biji jagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring di BA Aisyiyah Pokak Kec Ceper Kabupaten Klaten, dan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring seni rupa kolase terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia 4-6 tahun di BA Aisyiyah Pokak Kec Ceper Kabupaten Klaten Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua di BA Aisyiyah Pokak kec Ceper Kab Klaten. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan pembelajaran daring seni rupa kolase dilaksanakan mulai dari menyusun RPPH pembelajaran daring seni rupa kolase yang terdiri dari pembukaan, kegiatan inti dan penutup,membagikan materi dan tugas melalui whatsapp. Media yang dilakukan dalam pembelajaran seni rupa kolase guru menggunakan bahan alami, bahan buatan dan bahan bekas. Strategi atau metode yang digunakan guru dalam belajar seni rupa kolase seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi hingga penugasan dalam membuat hasil karya seni rupa kolase. Pembelajaran daring seni rupa kolase ini juga memberikan dampak positif bagi anak, guru dan orang tua, sehingga anak mampu membuat karya seni rupa kolase dengan melihat dan mengamati guru dalam mendemonstrasikan karya seni rupa kolase. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya nilai peningkatan aspek perkembangan anak selama daring dari 32 siswa, ada 23 siswa yang sudah berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, sedangkan 9 siswa yang mengalami belum berkembang dan mulai berkembang karena faktor kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi anak.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Seni dan Olah Raga |
Divisions: | ?? PIAUD ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 20:46 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 06:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11369 |
Actions (login required)
View Item |