ANSORI, MOHAMMAD (2021) PERAN PEMBINA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI MA’ARIF KARANGTENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
MOHAMMAD ANSORI 23040160148.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kakak pembina dalam membentuk kepribadian siswa. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kepribadian siswa. Mengetahui solusi dalam mengatasi penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kepribadian siswa MI Ma’arif Karangtengah Tahun Pelajaran 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sember data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan Pembina Pramuka, sedangkan sumber data sekunder yakni dikumpulkan dari observasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran pembina dalam ekstrakuikuler pramuka di MI Ma’arif Karangtengah mempunyai peran vital membentuk kepribadian siswa. Pembina menjadi contoh atau sosok figur yang diteladani oleh siswa. Dalam membentuk kepribadian siswa Pembina merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai-nilai kepribadian. Kepribadian yang diterapkan yaitu disiplin, tanggung jawab, religius, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, peduli sosial dan kreatif. Faktor pendukung dalam membentuk kepribadian siswa yaitu adanya bimbingan dari orang tua, Pembina, lingkungan, dan teman bermain. Dan faktor penghambat dalam membentuk kepribadian siswa yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua dan Pembina, serta kurangnya minat siswa untuk mengikuti ektrakulikuler pramuka. Solusi untuk mengatasi hambatan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Ma’arif Karangtengah adalah pembina lebih kreatif lagi dalam menjalankan ekstrakurikuler pramuka agar kegiatan menarik dan merangkai kegiatan yang mengandung nilai- nilai kepribadian.. Menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut supaya siswa lebih paham
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 13:14 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 06:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11402 |
Actions (login required)
View Item |