Ramadhani, Grahan (2021) STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA DARING DI KELAS IV DI MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ramadhani, Grahan. 2021. Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Secara Daring di Kelas IV di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru; pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran tematik secara daring di kelas IV di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga, Serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada pelaksanaan strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik secara daring di kelas IV di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah dan guru kelas IV. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis beperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui kepala madrasah dan guru kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran tematik secara daring di kelas IV di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga dilakukan melalui platform atau media online yang dapat di akses melalui handphone. Media online yang digunakan adalah Grup WhatsApp, Zoom Meeting, dan Google Form. Strategi guru dalam pembelajaran tematik secara daring di kelas IV menggunakan strategi berbantu media digital berupa Grup WhatsApp untuk penyampaian materi, kegiatan harian dan pemberitahuan tugas, Zoom Meeting digunakan untuk interaksi guru dan siswa bertatap muka secara virtual, dan Google Form digunakan untuk media siswa dalam mengerjakan latihan soal sekaligus penilaian harian. Kendala dalam pelaksanaan strategi guru dalam pembelajaran tematik secara daring di kelas IV seperti berkaitan dengan kuota internet dan jaringan karena orang tua siswa tidak selalu memiliki kuota, orang tua yang sedang bekerja dan anak yang tidak memiliki handphone sendiri tidak bisa secara langsung mengikuti pembelajaran, handphone yang dimiliki belum bisa untuk pembelajaran daring, dan penggunaan media daring yang belum bisa, ada anak yang belum bisa menggunakan Google Form, pengumpulan tugas anak ada yang tidak tepat waktu, serta lost kontak dengan salah satu siswa berkaitan dengan kesibukan orang tuanya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 13:21 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 13:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11404 |
Actions (login required)
View Item |