AZIS, RIFKI MUHAMMAD (2021) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN BUDI PAKERTI LUHUR ANAK BURUH DESA KEMETUL KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
RIFKI MUHAMMAD AZIS_23040170120 (1).pdf Download (981kB) |
Abstract
ABSTRAK Azis, Rifki Muhammad. 2021. Pola Asuh Orangtua dalam Menanamkan Budi Pekerti uhur Studi Anak Buruh Desa Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun 20201. Skripsi, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Muhamad Rozikan. M.Pd Kata Kunci : Pola Asuh orang tua, Budi Pekerti Luhur, Buruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam menanamkan budi pekerti luhur anak buruh Desa Kemetul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subyeknya adalah para orang tua anak di Desa Kemetul Kabupaten Semarang. Yaitu Sumber data yang diperoleh dari wawancara dengan orang tua si anak. Dalam mengukur penerapan budi pekerti luhur anak buruh terdapat tiga dimensi pola asuh diantaranya pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh orang tua dalam menanamkan budi pekerti luhur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pola asuh orang tua dalam menanamkan budi pekerti luhur anak buruh Desa Kemetul sudah terlaksana, dengan model pola asuh orang tua yang berbeda beda. Orang tua mengajarkan anak tentang budi pekerti luhur yang berbeda beda. Ada yang menggunakan model pola asuh demokratis, model pola asuh otoriter, model pola asuh permisif. (2) Faktor pendukung ada 2 yaitu dari lingkup internal dan eksternal dari lingkup internal adalah pendirian anak dan lingkungan keluarga, sedangkan dari faktor eksternal yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal. Sedangkan faktor penghambat juga ada 2 yaitu dari lingkup internal dan eksternal. Dari faktor internal yaitu. orang tua dan keluarga. Faktor eksterna nya yaitu dari kurangnya waktu dari orangtua, lingkungan yang kurang mendukung, teknologi informasi dan komunikasi, kurang dilibatkan orang tua dalam bersosialisasi.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 15:40 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 08:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11486 |
Actions (login required)
View Item |