anjani, Salsabila firda (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TA'ADDUB PADA JAMAAH THORIQOH QADIRIYAH NAQSABANDIYAH DI KELURAHAN PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SALSABILA FIRDA ANJANI 23010170321.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anjani, Salsabila Firda. 2021. Implementasi Pendidikan Ta’addub pada Jama’ah Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: implementasi, pendidikan Ta’addub, Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Tujuan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis adalah (1) untuk mengidentifikasi bagaimana bentuk implementasi pendidikan ta’addub pada jama’ah Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (2) untuk mengidentifikasi apa saja nilai-nilai sikap dalam pendidikan ta’addub pada jama’ah Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (3) untuk mengidentifikasi apa saja faktor yang mempengaruhi dalam pendidikan ta’addub pada jama’ah Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah jama’ah thoriqoh, pembina thoriqoh, dan tokoh desa sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pertama, bentuk pendidikan ta’addub dalam Thoriqoh Qadiriyah Naqsabandiyah juga melalui upaya taqarrub mendekatkan diri kepada Allah SWT, dzikir lafadz Allah dan laailahaillallah, suluk manaqib dan bimbingan adab terhadap Allah, manusia dan alam sebagai jalan mendekatkan diri menuju kepada Allah SWT melalui mursyid. Kedua, nilai-nilai sikap pendidikan ta’addub pada jama’ah Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah adalah bentuk pengendalian nafsu hewani, sebagai wujud dalam membentuk sikap ta’addub taat kepada Tuhan, selalu berbuat baik dengan manusia dan alam. Ketiga, faktor yang mempengaruhi pendidikan ta’addub berupa faktor pendukung internal adanya motivasi pada usia lanjut para jama’ah serta faktor pendukung eksternal dalam pendidikan ta’addub pada Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah melalui adanya amalan dan materi pendidikan ta’addub serta tempat pendidikan berupa masjid Asy-Syarqowi, selanjutnya adalah faktor penghambat internal dalam Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pulutan adalah mayoritas para pengikut thoriqoh itu sudah lanjut usia, sering mengalami penyakit fisik, atau penurunan daya ingat, hal ini menyebabkan penurunan motivasi bagi diri jama’ah dalam mengikuti segala kegiatan Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah dalam mendidik sikap ta’addub, faktor penghambat eksternal adalah seperti tidak terlalu menekankan akan kehadiran jama’ah secara terus menerus, selain juga pengaruh zaman dan lingkungan seperti saat ini.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 16:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 16:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11500 |
Actions (login required)
View Item |