wahyudi, Resei zahwa (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Berbasis Pendekatan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII SMP NU Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
RESEI ZAHWA WAHYUDI FIX 23070170089.pdf Download (8MB) |
Abstract
Wahyudi, Resei, Zahwa. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Berbasis Pendekatan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII SMP NU Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Pengembangan Modul; Pendekatan Computational Thinking; Berfikir Kritis. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berupa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan computational thinking untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII SMP NU Suruh pada materi penyajian data Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap Analysis meliputi identifikasi masalah di lapangan, tahap Desain meliputi perancangan modul dan instrumen pendukung, tahap Development meliputi mengembangkan modul, melakukan validasi modul oleh dosen ahli serta melakukan uji coba kelompok kecil, tahap Implementation meliputi penerapan modul dalam proses pembelajaran dan tahap Evaluation meliputi pemberian angket respon siswa serta evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan modul pembelajaran matematika yaitu 84,85% dengan kriteria sangat valid dan kevalidan lembar soal yaitu 80% dengan kriteria valid. Sedangkan hasil kepraktisan modul pembelajaran matematika yaitu 77% dengan kriteria praktis. Kemudian hasil ketuntasan belajar menggunakan modul pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari kategori rendah ke kategori tinggi (≥ 85%) yaitu 90% dengan rata-rata kelas 86,2 termasuk kategori tinggi dan hasil persentase angket respon siswa memperoleh 85,5% dengan kriteria sangat positif, sehingga modul pembelajaran matematika dapat dikatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 21:22 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 21:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11517 |
Actions (login required)
View Item |