IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA DAN RASA TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III di MI NEGERI SALATIGA TAHUN 2020/2021

fauzi, Dafa dwi nur (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA DAN RASA TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III di MI NEGERI SALATIGA TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DAFA DWI NUR FAUZI 23040170047 (AutoRecovered).pdf

Download (2MB)

Abstract

Fauzi, Dafa Dwi Nur Nur. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Gemar Membaca dan Rasa Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci : implementasi, nilai-nilai karakter, gemar membaca, rasa tanggung jawab Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui cara mengimplementasikan nilai-nilai karakter gemar membaca dan rasa tanggung jawab kelas III pada mata pelajaran bahasa indonesia (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat nilai karakter gemar membaca dan tanggung jawab kelas III pada mata pelajaran bahasa indonesia di MI Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang disajikan berupa kata-kata yang diperoleh dan diolah berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, implementasi nilai-nilai karakter gemar membaca dan rasa tanggung jawab kelas III pada mata pelajaran bahasa indonesia 80% sudah terlaksana dengan baik dengan adanya kerja sama dari peserta didik dan guru serta lingkungan sekolah serta fasilitas yang memadai. Kedua, faktor penghambat nilai karakter gemar membaca dan rasa tanggung jawab adalah siswa malas membaca buku lks yang telah diberikan oleh guru dan beberapa siswa tidak memiliki hp sendiri dan di daerah rumahnya susah untuk mendapatkan sinyal pada saat pembelajaran daring. Ketiga, faktor pendukung nilai karakter gemar membaca dan rasa tanggung jawab adalah telah disediakan sarana dan prasaran yang sangat lengkap.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:40
Last Modified: 06 Oct 2021 11:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11530

Actions (login required)

View Item View Item