Arumningtyas, Anggita Vella (2021) BIMBINGAN MELALUI TERAPI AL-QUR'AN UNTUK MENGURANGI STRESS MASA PANDEMI PADA SISWA SMA DI DESA SROYO KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ANGGITA VELLA ARUMNINGTYAS.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Arumningtyas, Anggita Vella 2021. Bimbingan Melalui Terapi Al- Qur’an untuk Mengurangi Stress Masa Pandemi pada Siswa SMA di Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Pembimbing : Widayati Lestari, M.Psi. Kata kunci : Terapi Al-Qur’an, Mengurangi Stress, Masa Pandemi Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses terapi Al-Qur’an dalam mengurangi tingkat stress siswa SMA di Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. 2) Untuk mengetahui terapi Al-Qur’an dapat mengurangi stress siswa SMA di Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganayar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Design eksperimen Quasi Eksperimental Design yang digunakan yaitu bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Subjek yang dilibatkan yakni siswa SMA Desa Sroyo dengan sampel 50 siswa. 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan terapi berupa membaca ayat Al-Qur’an sedangkan kelas control tidak diberikan terapi apapun. Hal ini berdasarkan data pretest siswa yang mempunyai tingtkat stress tinggi dan sedang. Hasil dari penelitian ini: 1) Proses pemberian terapi dilakukan sebanyak 4x tatap muka dengan membaca Al-Qur’an, tahap pertama konseli mensucikan diri dengan berwudhu, kemudian membaca Al-Qur’an diawali dengan Ta’awwuz, membaca Basmallah dan cara bacanya tartil. Dengan membaca surat Al Kafi, Surat Yasin, Surat Ar-Rahman, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk dan Juz Amma. 2) Sebelum dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik membaca Al-Qur’an tingkat stress pada siswa memperoleh skor rata-rata 46,36 yang artinya masuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik membaca Al-Qur’an memperoleh skor rata-rata 32,88 masuk dalam kategori rendah. Hal ini sudah dibuktikan melalui uji sample paired t-test yang diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa alternatif diterima.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? BKI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 19:49 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 19:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11538 |
Actions (login required)
View Item |