POLA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK (STUDI KASUS PADA KELUARGA DI LINGKUNGAN WISATA PACUAN KUDA TEGALWATON TENGARAN)

Asyiyah, Nur (2017) POLA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK (STUDI KASUS PADA KELUARGA DI LINGKUNGAN WISATA PACUAN KUDA TEGALWATON TENGARAN). Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
NUR ASYIYAH PAI 111 11 157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak lingkungan wisata pacuan kuda terhadap akhlak anak-anak dan remaja dusun Ngelo Tegalwaton, terutama pergaulan yang kurang terkontrol, serta pergaulan di lingkungan wisata kuda yang kurang efektif dalam mendorong anak-anak dan remaja dusun setempat dalam hal pendidikan. Maka dari itu keluarga harus mempunyai pola pendidikan untuk anak dalam pembentukan akhlak yang baik. Sebagai contoh, di lingkungan wisata berkuda ini terdapat dampak positif dan negatif, dampak negatifnya pada anak yang duduk di bangku SD sekolahnya teralihkan dalam pekerjaan merawat kuda, remaja yang ikut-ikutan mencoba miras dan para orangtua yang resah dengan pergaulan anak-anaknya di lingkungan yang banyak pendatang. Dampak positif dari lingkungan wisata kuda ini yaitu dalam segi perekonomian, para pengangguran warga setempat mendapat peluang pekerjaan sebagai perawat kuda, joki, peluang untuk berjualan, mendirikan warung makan dan mendirikan kandang kuda. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pola pendidikan keluarga dalam pembentukan akhlak anak di lingkungan wisata pacuan kuda ini, agar anak terbekali pendidikan yang baik oleh lingkungan keluarganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan obsevasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data pengumpulan data, model data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola pendidikan dari keluarga Dusun Ngelo Tegalwaton termasuk sudah baik, kebanyakan mengunakan pola asuh yang Demokratis dan Otoriter. Anak dibekali pendidikan terbaik oleh keluarga, seperti disekolahkan dan disuruh mengaji akan tetapi kembali lagi kepada lingkunganya. Lingkungan yang banyak pendatang dari pekerja kuda berdampak kurang baik untuk anak-anak dan remaja warga setempat. Kurangnya pengetahuan orang tua dalam mendidik anak juga bisa menjadi salah satu faktor kurang suksesnya dalam pembentukan akhlak anak. (2) Dalam pembentukan dan pembinaan akhlak anak agar menjadi baik, anak sudah di bekali pendidikan yang terbaik seperti disekolahkan, diajari mengaji, mengingatkan untuk sholat 5 waktu, mencontohkan sopan santun, mencontohkan akhlak yang baik di kesehariannya dan hal baik lainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2017 02:38
Last Modified: 13 Mar 2017 02:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item