, SHINTA ELLISA (2021) SINERGITAS KINERJA GURU AQIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL DAN ANTUSIAS BELAJAR PADA SISWA DI MTS BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI SHINTA ELLISA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk sinergitas kinerja guru Aqidah Akhlak dan guru BK dalam pembinaan mental spiritual dan antusias pada siswa di MTs Banat Tajul Ulum Brabo serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembinaan mental spiritual dan antusias belajar pada siswa di MTs Banat Tajul Ulum Brabo. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di lapangan atau mengamati secara langsung. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis deskriptif yang diperoleh dari aspek data yang telah ditemukan serta dianalisis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang didapat dari wawancara langsung dengan guru dan siswa di MTs Banat Tajul Ulum Brabo. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu berupa hasil observasi, dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sinergitas kinerja guru Aqidah Akhlak dan guru BK dalam pembinaan mental spiritual dan antusias belajar pada siswa di MTs Banat Tajul Ulum Brabo yaitu: adanya bentuk sinergitas kinerja guru aqidah akhlak dan guru BK melalui kegiatan bimbingan Islami (terprogram), bentuk sinergitas kinerja guru aqidah akhlak dan guru BK melalui kegiatan alih tangan kasus (Insendental) melihat permasalahan yang dialami oleh siswa, dan bentuk sinergitas kinerja guru aqidah akhlak dan guru BK dalam kegiatan penyuluhan serta mengadakan rapat seluruh dewan guru yang dilaksanakan setiap 3-6 bulan sekali. Sedangkan bentuk pembinaan mental spiritual di MTs Banat Tajul Ulum Brabo yaitu pembacaan asmaul husna, tadarus Al-Qur’an, pengajian kamis kliwon, istighosah, sholat dhuha dan sholat dzhuhur berjama’ah, hafalan surah-surah pendek, dan peringatan hari besar Islam. 2) Faktor pendukung sinergitas kinerja guru aqidah akhlak dan guru BK dalam pembinaan mental spiritual dan antusias belajar pada siswa di MTs Banat Tajul Ulum Brabo adalah sarana prasarana madrasah, dukungan dari kepala madrasah dan guru yang saling bersinergi, adanya dukungan dan bantuan dari organisasi lain, dan didukung dengan lingkungan yang berbasis pondok pesantren, dan guru-guru banyak alumni dari pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa di ruang kelas, SDM siswa melebihi kapasitas, adanya perbedaan siswa yang di pondok pesantren dan siswa yang berasal dari luar pondok pesantren, sarana prasarana dalam proses pembelajaran belum memadai, di tengah pandemi covid-19 beberapa kegiatan terhambat.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | ?? -- Subyek -- ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 18:23 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 11:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11690 |
Actions (login required)
View Item |