Asani, Sarida Nur (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PENDIDIKAN HUMANISTIK DI MI MA’ARIF TUNTANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Sarida Nur Asani_23040170058.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Asani, Sarida Nur. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Pendidikan Humanistik di MI Ma’arif Tuntang Tahun ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh M.Si. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter Religius, Pendidikan Humanistik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius dan pendidikan humanistik di MI Ma’arif Tuntang tahun ajaran 2020/2021. Rumusan masalah pada penelitian ini. 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius di MI Ma’arif Tuntang tahun ajaran 2020/2021? 2) Bagaimana implementasi pendidikan humanistik di MI Ma’arif Tuntang tahun ajaran 2020/2021? 3) Bagaimana hambatan dan solusi implementasi pendidikan karakter religius dan pendidikan humanistik di MI Ma’aif Tuntang tahun ajaran 2020/2021?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi wakil kepala sekolah, wali kelas 1, murid kelas 4, dan wali murid, sedangkan sumber data sekunder meliputi arsip dan dokumen yang dimiliki MI Ma’arif Tuntang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Implementasi pendidikan karakter religius di MI Ma’arif Tuntang tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan dalam bentuk kegiatan membiasakan berdo’a sebelum memulai pembelajaran, membiasakan membaca Al-Qur’an, membiasakan menghafal juz 30, mengadakan pelatihan qiro’ah, membiasakan sholat dhuha berjamah, membiasakan melakukan sholat wajib, membiasakan menjalankan puasa dan membayar zakat, membiasakan berinfaq, dan mengadakan pelatihan rebana. 2) Implementasi pendidikan humanistik di MI Ma’arif Tuntang tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan dalam bentuk kegiatan membiasakan mengucapkan salam dan berjabat tangan, menggunakan model pembelajaran active learning, menciptakan pembelajaran yang demokratis, mengadakan kegiatan diskusi kelompok, dan membiasakan peserta didik melaksanakan piket kelas. 3) Hambatan yang dihadapi MI Ma’arif Tuntang dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius dan pendidikan humanistik yaitu latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda, kurangnya perhatian orang tua, penggunaan gadget untuk bermain game online, dan kemudahan mengakses situs negatif di internet.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 19:55 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 13:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11783 |
Actions (login required)
View Item |