choirunnisa, Shafira ishfihana (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MORAL DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 17 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SHAFIRA ISHFIHANA CHOIRUNNISA 23010170005.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Choirunnisa, Shafira Ishfihana. 2021. Implementasi Nilai-nilai Moral dan Kepribadian Siswa di SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skrispsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Moral dan Kepribadian Siswa di SMP N 17 Purworejo Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan disini: 1. Untuk mengetahui Nilai Moral dan Kepribadian siswa di SMP Negeri 17 Purworejo. 2. Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai moral dan kepribadian siswa di SMP Negeri 17 Purworejo. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Kepribadian siswa di SMP Negeri 17 Purworejo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dilaksanakan di SMP N 17 Purworejo, responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru agama, guru bimbingan konseling, orang tua, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan berdasarkan catatan lapangan dan observasi kemudian data dibandingkan dengan dokumen yang ada sehingga diperoleh data yang lengkap. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai moral dan kepribadian siswa di SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022 yaitu: 1.Memahami nilai-nilai moral dan kepribadian yaitu suatu perilaku seseorang baik atau buruk berdasarkan pembiasaan yang diberikan orang tua maupun lingkungan atau faktor keturunan yang dapat mempengaruhi kepribadian. 2. Dengan pembiasaan dan pemantauan. Pembiasaan dengan membaca doa sebelum memulai pelajaran, mengacungkan tangan kanan hendak bertanya, melaksanakan sholat wajib dan sunah di mushola, membaca asmaul husna sebelum memulai pelajaran, bersikap tanggung jawab, sopan dan santun terhadap yang lebih tua, dan jujur. Dengan pemantauan bila perilaku siswa yang buruk dicatat dalam jurnal siswa, dan jika tidak dibisa ditangani oleh guru maka orang tua akan diundang untuk. 3. Faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaan nilai-nilai moral dan kepribadian adalah dukungan dari keluarga, lingkungan dan sekolah.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 17:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 10:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11834 |
Actions (login required)
View Item |