Aliafi, Fahmi (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMP N 3, SMP N 4 DAN SMP N 6 SALATIGA TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
tesis.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Religiusitas Siswa di SMP N 3, SMP N 4, dan SMP N 6 Salatiga, Tahun 2021 Pembimbing Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap religiusitas siswa tingkat SMP N 3 Salatiga, SMP N 4 Salatiga, dan SMP N 6 Salatiga tahun 2020/2021. (2) Mengetahui pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap religiusitas siswa tingkat SMP N 3 Salatiga, SMP N 4 Salatiga, dan SMP N 6 Salatiga tahun 2020/2021. (3) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Religiusitas siswa Agama Islam tingkat SMP N 3 Salatiga, SMP N 4 Salatiga dan SMP N 6 Salatiga tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 90 siswa. Variabel yang strategi pembelajar dan prestasi pembelajaran terhadap religiusitas siswa. Populasi adalah siswa kelas 7 di sekolah SMP N 3 Salatiga, SMP N 4 Salatiga dan SMP N 6 Salatiga. Metode pengumpulan data melalui angket, analisis data menggunakan analisis statistik dengan analisis uji regresi ganda, dan analisis jalur dan uji sobel serta diperkuat dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Relegiusitas Siswa di SMPN 3, SMPN 4, dan SMPN 6 Salatiga. Terbukti dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,743 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 10.928 > 2,002 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Prestasi Belajar PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap Relegiusitas Siswa di SMPN 3, SMPN 4, dan SMPN 6 Salatiga. Terbukti dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,743 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4.053 > 2,002 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.). (3) Strategi Pembelajaran dan Prestasi Belajar PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap Relegiusitas Siswa di SMPN 3, SMPN 4, dan SMPN 6 Salatiga terbukti dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,654 dan t hitung > t tabel yaitu sebesar 6.618 > 2,002 (SP) atau 2,144 > 2,002 (PB) dan dengan nilai siqnifikansinya masing – masing variabel SP adalah 0,000 < 0,05 dan PB adalah 0,036 < 0,05. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 20:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 20:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11849 |
Actions (login required)
View Item |