KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GRABAG KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IFADAH, NURUL (2021) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GRABAG KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar dalam masa pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grabag Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Apa saja faktor pendukung kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar dalam masa pembelajaran jarak jauh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grabag Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya antara lain adalah tes, wawancara, dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah 10 siswa dari kelas VIII E SMP Negeri 3 Grabag Kab. Magelang. Analisis data dengan model Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yakni reduksi data, display data yang disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif-analitik dan verifikasi atau penarikan kesimpulan dengan memaparkan secara deskripitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat dikelompokkan ke dalam tiga kategori.Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kategori tinggi berjumlah 3 siswa dan memiliki kemandirian belajar tinggi, siswa dengan kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi semua indikator kemandirian belajar. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kategori sedang berjumlah 4 siswa dan memiliki kemandirian belajar yang sedang, siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu memenuhi beberapa indikator kemandirian belajar. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kategori rendah berjumlah 3 siswa dan memiliki kemandirian belajar yang rendah, siswa dengan kemandirian belajar rendah tidak mampu memenuhi semua indikator kemandirian belajar.2) Faktor yang mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar dalam masa pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grabag Kab. Magelang terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekesternal. Adapun faktor internalnya adalah tingkat kecerdasan, motivasi serta kemauan untuk terus belajar matematika. Sedangkan faktor eksternal yaitu berasal dari kondisi diluar diri siswa yang meliputi lingkungan sosial siswa yang dapat mendukung daya pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2021 21:08
Last Modified: 28 Oct 2021 21:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item