TAQWIM, AHMAD KHOLOQ AKHSANI (2021) IMPLEMENTASI EMPAT PILAR PENDIDIKAN DI MTS NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
AHMAD KHOLIQ AKHSANI TAQWIM 23010160405.pdf Download (2MB) |
Abstract
Taqwim, Ahmad Kholiq Akhsani, 2020. Implementasi Empat Pilar Pendidikan di MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. H. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci : Empat Pilar Pendidikan, Faktor Penghambat Dan Pendukung. Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah : 1) untuk mengetahui Implementasi Empat Pilar Pendidikan di MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. 2) untuk mengetahui Faktor Hambatan serta Pendukung dalam proses Implementasi Empat Pilar Pendidikan di MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber data Premier dan Skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi yang diolah dengan menggunakan analisis data Kualitatif teknik Triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : Empat Pilar Pendidikan yang di gagas oleh UNESCO dan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam proses pendidikan yaitu (Learning To Know, Learning To Do, Learning To Be, dan Learning To Live Together) ini selaras dengan kegiatan-kegiatan yang sudah ditetapkan di MTs Negeri Salatiga, baik kegiatan aktivitas sehari-hari seperti KBM, kegiatan Mingguan seperti Ekstrakurikuler, hingga Kegiatan Tahunan seperti memperingati hari-hari besar islam maupun nasional. Selain melalui kegiatan-kegiatan tersebut, Implementasi Empat Pilar Pendidikan di MTs Negeri Salatiga juga dilakukan melalui pembiasaan diri yang dilakukan secara bersama-sama antara Peserta Didik dan Dewan Pengajar yang menjadi Figur memberikan contoh tauladan secara langsung. Adapun beberapa faktor penghambat dalam proses Implementasi Empat Pilar Pendidikan di MTs Negeri Salatiga adalah : Metode Pembelajaran Daring, tidak bisa maksimalnya pengawasan guru, kemampuan Ekonomi yang rata-rata berlatar belakang dari keluarga kurang mampu, kemudian kurangnya pengawasan dari Orang Tua sendiri. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam upaya proses Implementasi Empat Pilar Pendidikan di MTs Negeri Salatiga adalah : Bantuan untuk menunjang pembelajaran Daring, Ekstrakurikuler yang banyak, Motivasi dan Apresiasi yang tinggi, serta Fasilitas sarana prasarana yang sangat memadai.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 21:15 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 14:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11858 |
Actions (login required)
View Item |