EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wijayanti, Wiwid Dwi (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WIWID DWI WIJAYANTI T.IPA (23060170001).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wijayanti, Wiwid Dwi. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving menggunakan Metode Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada Siswa Kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Problem Solving; Brainstorming; Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi klasifikasi materi dan perubahannya siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 (2) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving menggunakan metode brainstorming pada materi klasifikasi materi dan perubahannya siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 (3) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem solving menggunakan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII di SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimen menggunakan desain control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari Salatiga, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes. Data non tes berupa angket tanggapan siswa. Data tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttest soal, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Pada teknik analisis data yang digunakan yaitu uji (Idependent Sample T-Tes) menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol mendapat nilai awal (pretest) 38,91 dan nilai akhir (posttest) 55,31. Nilai rata-rata kelas eksperimen mendapat nilai awal (pretest) 41,72 dan nilai akhir (posttest) 72,81. Berdasarkan analisis data uji hipotesis yaitu uji-t (Idependent Sample T-Test) diperoleh nilai thitung 6,243 > ttabel 2,000 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran problem solving menggunakan metode brainstorming efektif terhadap hasil belajar topik klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII di SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 19:58
Last Modified: 02 Nov 2021 19:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11943

Actions (login required)

View Item View Item