PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP AKHLAQUL KARIMAH SISWA SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN 2021

Salsabila, Tiara Mafa (2021) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP AKHLAQUL KARIMAH SISWA SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
TIARA MAFA SALSABILA 23010170078 PRINTPAI 2017t.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salsabila, Tiara Mafa. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Akhlaqul Karimah siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Lingkungan Belajar, Akhlaqul Karimah. Urgensi dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. 2) Untuk mengetahui bagaimana lingkungan belajar siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. 3) Untuk mengetahui bagaimana akhlaqul karimah siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. 4) Untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru dan lingkungan belajar terhadap akhlaqul karimah siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui sumber data primer yaitu siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Sumber data sekunder yaitu referensi yang didapatkan melalui referensi dari berbagai buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Responden dalam penelitian ini berjumlah 35 orang, yang diambil dengan metode random sampling dari populasi 96 orang. Metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Analisis data yang didapatkan dari penelitian menggunakan rumus regresi linear berganda, uji korelasi berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Kompetensi kepribadian guru SMA dari persepsi siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga menyatakan sebanyak 3 atau 8% responden berkategori kurang, 15 atau 48% berkategori cukup, 9 atau 26% berkategori baik dan 8 atau 23% berkategori sangat baik. 2) Lingkungan belajar siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga menyatakan bahwa 3 atau 9% responden berkategori kurang, 13 atau 37% berkategori cukup, 12 atau 34% berkategori baik, dan 7 atau 20% berkategori sangat baik. 3) Akhlaqul karimah siswa SMA Muhammadiyah Plus Salatiga sebanyak 1 atau 3% berkategori kurang, 11 atau 31 berkategori cukup, 15 atau 43% berkategori baik dan 8 atau 23% berkategori sangat baik. 4) Berdasarkan hasil penelitian tentang kompetensi kepribadian guru dan lingkungan belajar terhadap akhlaqul karimah dapat disimpulkan bahwa, secara parsial kompetensi kepribadian guru terhadap akhlaqul karimah tidak berpengaruh, kemudian lingkungan belajar terhadap akhlaqul karimah berpengaruh secara signifikan. Adanya pengaruh positif variabel kompetensi kepribadian guru dan lingkungan belajar terhadap akhlaqul karimah sebesar 24%, sedangkan 76% lainnya berasal dari faktor-faktor lainnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 21:18
Last Modified: 10 Nov 2021 06:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item