ayyubi, sholahudin hasby yusuf al (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII MTS ROUDLOTUL FURQON KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI SHOLAHUDIN HASBY YUSUF AL AYYUBI 23060170014-dikompresi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ayyubi, Sholahudin Hasby Yusuf Al. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M. Pd. Kata Kunci: analisis, berpikir kritis, pendekatan STEM, pesawat sederhana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPA dalam mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa materi pesawat sederhana dengan pendekatan STEM dan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa dalam materi pesawat sederhana dengan konsep atau pendekatan STEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif karena memiliki tujuan untuk mendeskripsikan suatu fakta serta karakteristik dari populasi secara sistematis, jujur, dan akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan mix method dengan memakai metode kualitatif dan kuantitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Proses pelaksanaan pembelajaran IPA dalam mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa materi pesawat sederhana dengan pendekatan STEM secara garis besar terdapat empat langkah yaitu analisis KD identifikasi topik yang sesuai, merumuskan indikator pencapaian kompetensi, merancang RPP dan segala instrumen, lalu terakhir pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan STEM untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Konsep berpikir kritis dalam penelitian ini menggunakan indikator berpikir kritis FRISCO yang dikemukakan oleh Robert Ennis tahun 1996 (2) Kemampuan berfikir kritis siswa dalam materi pesawat sederhana dengan konsep atau pendekatan STEM, didapatkan bahwa siswa kemampuan berpikir kritis sangat tinggi sebanyak 31,25% dengan indikator berpikir kritis FRISCO sudah sebagian besar terlihat semua. Untuk siswa kemampuan berpikir kritis tinggi sebanyak 53,125% dengan indikator berpikir kritis yang menonjol adalah Focus dan Reason, sedangkan indikator Inference, Situation, Clarity dan overview cukup. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang sebanyak 9,375% indikator berpikir kritis yang menonjol Focus saja sedangkan untuk indikator Reason, Inference, Situation, Clarity dan Overview masih kurang. kemampuan berpikir kritis rendah sebanyak 6,25% untuk indikator berpikir kritis FRISCO nya sangat kurang sehingga masih kurang menonjol dan belum terlihat.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 21:30 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 21:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12025 |
Actions (login required)
View Item |