PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

Dewi, Arsiana Kusuma (2021) PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ARSIANA KUSUMA DEWI 23070170088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-confidence, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pengaruh self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 7 Salatiga. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling dan diperoleh 69 peserta didik sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, soal uraian, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata self-confidence peserta didik kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori sedang dengan presentase 52,17%. Berdasarkan uji data kemampuan pemecahan masalah diperoleh bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori sedang dengan presentase 50,73%. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh selfconfidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan tabel regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel self-confidence (X) berpengaruh terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah (Y) dengan persamaan Y = -44,464 + 0,874X. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 76,2% yang berarti bahwa selfconfidence (X) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y) sebesar 76,2%, sedangkan sisanya 23,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2021 20:47
Last Modified: 09 Nov 2021 13:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12041

Actions (login required)

View Item View Item