Mauludiyah, Isna (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Isna_Mauludiyah_23070160068_REVISI_FIX_BANGET_BANGET_dikonversi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2020/2021. 4) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2020/2021. 5) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian lapangan (Field Research). Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu motivasi belajar (X1) dan kemandirian belajar (X2) dan variabel terikat hasil belajar (Y). Instrumen penelitian menggunakan angket dan instrumen tes. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Bringin dalam kategori sedang, kemandirian belajar dalam kategori kurang, dan hasil belajar dalam ketegori sedang. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 93,7% dengan sisanya 6,3% ditentukan faktor lain diluar motivasi belajar. Besarnya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah 93,8% dengan sisanya 6,2% ditentukan faktor lain diluar kemandirian belajar. Sedangkan besarnya pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah 96,2%. Kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan variabel kemandirian belajar lebih memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan motivasi belajar.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 20:55 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 20:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12042 |
Actions (login required)
View Item |