Barokah, Nailul (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENGALAMAN DIRUNDUNG PADA SISWA MTS AL USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
Nailul Barokah_43040170011.pdf Download (5MB) |
|
Text
Nailul Barokah_43040170011 skripsi (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Barokah, Nailul. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Pengalaman Dirundung Pada Siswa MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang. Skripsi. Salatiga. Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dr. Muna Erawati, M.Si. Pengalaman dirundung merupakan perlakuan kekerasan yang dialami siswa secara berulang dari satu atau sekelompok siswa lain dengan tujuan menyakiti baik secara fisik maupun verbal. Banyaknya kasus perundungan yang masih terjadi di kalangan pelajar khususnya remaja menjadi alasan penulis dalam melakukan penelitian ini. Kasus perundungan pada kalangan pelajar Indonesia dibuktikan dengan adanya laporan dari Programme for International Student Assessment (PISA) bahwa 41% pelajar di Indonesia pernah mengalami perundungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengalaman dirundung yang terjadi pada siswa MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang. Terdapat satu hipotesis yang diajukan dalam penelitian, adalah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengalaman dirundung pada siswa MTs Al Uswah Bergas. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional dengan formula uji analisis data dengan teknik korelasi product moment. Subjek dalam penelitian berjumlah 137 siswa kelas sembilan dengan usia 13-16 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa MTs Al Uswah Bergas berada pada kategori sedang dengan persentase 70,6% sedangkan tingkat pengalaman dirundung berada pada kategori rendah dengan persentase 81,6% . Hasil uji hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,38 dengan p<0,001. Hasil ini membuktikan adanya hubungan negatif signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengalaman dirundung pada siswa MTs Al Uswah Bergas. Dengan demikian, riset ini mengkonfirmasi bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Kata kunci: dukungan sosial teman sebaya, pengalaman dirundung, bullying
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 18:03 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 11:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12132 |
Actions (login required)
View Item |