PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI PANTI ASUHAN DARUL HADLONAH DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

Arofah, Mukrimatul (2021) PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI PANTI ASUHAN DARUL HADLONAH DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MUKRIMATUL 'AROFAH 23010170272.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUKRIMATUL 'AROFAH 23010170272.pdf

Download (3MB)

Abstract

Arofah, Mukrimatul. 2021. Pembinaan Akhlakul Karimah di Panti Asuhan Darul Hadlonah Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. H. Mansur, M.Ag. Kata Kunci : Pembinaan Akhlakul Karimah, Panti Asuhan Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlakul karimah di Panti Asuhan Darul Hadlonah Desa Reksosari, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah di Panti Asuhan Darul Hadlonah Desa Reksosari. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokmentasi yang menggunakan analisis data kualitatif teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama Pembinaan Akhlakul Karimah di Panti Asuhan Darul Hadlonah ditunjukkan dengan a) pembinaan akhlakul karimah di panti asuhan ini adalah dengan cara penerapan pembiasaan kepada anak seperti berbicara dengan tata krama, sopan santun, dengan harapan agar bisa membangun kesadaran terhadap anak, b) dengan cara menaati peraturan yang ada di panti asuhan, c) Selalu mengikuti kegiatan yang ada di Panti Asuhan. Kegiatan yang dilakukan di panti asuhan dalam pembinaan akhlak diantaranya, a) pembinaan yang dilakukan di panti asuhan yang pertama ialah melalui Pendidikan formal seperi sekolah umum, Pendidikan non formal seperti madrasah diniyah, mengikuti kegiatan seperti mengaji Al-Quran, mengaji tafsir, mujahadah rutin, motivasi yang diberikan pengasuh, b) PantiAsuhan memfasilitasi anak-anak dengan berbagai keterampilan, proses ini dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler, c) kerja sama antar para pengurus dan pengasuh untuk selalu membimbing anak asuh dan menjadi suri tauladan bagi anak asuh. Kedua Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah di Panti Asuhan Darul Hadlonah. Adapun faktor pendukungnya meliputi: a) lingkungan sekitar yang sangat mendukung, b) kesabaran, keikhlasan, keteladanan, serta adanya support dan dukungan dari pengasuh, pengurus, dan teman sekitar yang mendukung, c) adanya peraturan panti asuhan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: a) latar belakang anak asuh yang berbeda b) karakteristik dan sifat anak asuh yang berbeda-beda, c) keadaan anak asuh yang masih labil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 14:41
Last Modified: 16 Nov 2021 10:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item