Rochim, Mukhamat Abdul (2021) Strategi Keunggulan Bersaing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Muna At Thohiriyyah Semarang dalam Perspektif Michael Porter. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI Rochim.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi keunggulan bersaing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Muna At Thohiriyyah Semarang dalam perspektif Michael Porter. Rumusan yang ingin dijawab melalui penelitian ini anatara lain; pertama, untuk mengetahui strategi keunggulan bersaing KBIH AL Muna At Thohiriyyah Semarang. Kedua, untuk mengetahui strategi keunggulan bersaing KBIH AL Muna At Thohiriyyah Semarang dalam perspektif Michael Porter. Ketiga, untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat strategi keunggulan bersaing di KBIH AL Muna AT Thohiriyyah Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah KBIH Al Muna At Thohiriyyah Semarang. Kemudian objek penelitian ini adalah strategi keunggulan bersaing. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, simpulan, dan pengecekan keabsahan datanya adalah Triangulasi. Strategi keunggulan bersaing di KBIH Al Muna At Thohiriyyah Semarang memakai tiga strategi (Porter’s Generic Strategy) yaitu antara lain fokus pangsa pasar, diferensiasi pelayanan, dan margin yang kompetitif. Dalam perspektif Michael Porter, strategi keunggulan bersaing di KBIH Al Muna At Thohiriyyah Semarang sudah sesuai. Perbedaanya itu hanya pada penggunaan istilah program haji talangan yang bagian dari strategi margin yang kompetitif yang dalam teori Michael Porter diistilahkan dengan kepemimpinan biaya atau tentang pengemasan harga. Faktor pendukung strategi keunggulan bersaing KBIH Al Muna At Thohiriyyah Semarang antara lain adalah lokasi yang strategis, mempunyai ladang pemasaran yang cukup luas, mempunyai pemimpin yang kharismatik, mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat, memiliki pembimbing dan pendamping yang berkompeten, dan memiliki citra yang baik. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah kurang memaksimalkan tenaga marketing dan tidak menggunakan media promosi apapun.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 23:44 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 10:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12216 |
Actions (login required)
View Item |