SHOLIHA, EMILIA MARATUS (2021) ANALISIS BUKU AJAR IPA KELAS VII YANG DIGUNAKAN PADA MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 BERDASARKAN ASPEK LITERASI SAINS. [UNSPECIFIED]
Text
EMILIA MAR'ATUS SHOLIHA 23060160028.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Sholiha, Emilia, Mar’atus. 2021. Analisis Buku Ajar IPA Kelas VII yang Digunakan pada MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021 Berdasarkan Aspek Literasi Sains. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: Ruang Lingkup; Literasi Sains; Buku Ajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ruang lingkup aspek literasi sains pada buku ajar IPA kelas VII yang digunakan pada MTs Darul Ulum Suruh. Aspek yang digunakan adalah aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, aspek sains sebagai jalan untuk menyelidiki, aspek sains sebagai cara untuk berpikir, dan aspek interaksi sains, teknologi, dan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dokumentasi dan lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis), dengan menggunakan rumus persentase untuk menentukan jumlah kemunculan aspek literasi sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang lingkup aspek literasi sains pada buku ajar IPA Kelas VII yang digunakan pada MTs Darul Ulum Suruh lebih didominasi aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan dengan rata-rata kemunculan pernyataan sebesar 59,63%, kemudian aspek sains sebagai jalan untuk menyelidiki dengan persentase 18,43%, kemudian aspek sains sebagai cara berpikir dengan persentase 15,24%, dan yang terakhir adalah aspek interaksi sains, teknologi, dan masyarakat dengan persentase 6,7%. Koefisien kesepakatan rata-rata dari buku ajar yang dianalisis sebesar 0,94 dengan kategori sangat bagus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku ajar IPA Kelas VII yang digunakan pada MTs Darul Ulum Suruh sudah merefleksikan aspek literasi sains dengan kategori sangat bagus, namun masih belum seimbang dan masih ada beberapa indikator yang tidak muncul.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 18:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 11:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12271 |
Actions (login required)
View Item |