Nuriyanti, Fitri (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS III SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD N GENTING 02 KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI_FITRI NURIYANTI_23040170112_PGMI-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nuriyanti, Fitri. 2021. Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas III Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di SD N Genting 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun 2021. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Peran Orang tua, Karakter Disiplin Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh Tujuan penelitian dalam skripsi ini : (1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin belajar siswa kelas III selama pembelajaran jarak jauh di SD N Genting 02 Tahun 2021. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan orang tua dalam membentuk karakter disiplin belajar siswa siswa kelas III selama pembelajaran jarak jauh di SD N Genting 02 Tahun 2021. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin belajar siswa siswa kelas III selama pembelajaran jarak jauh di SD N Genting 02 Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dipakai yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer didapatkan melalui wawancara dengan guru kelas dan orang tua siswa kelas tiga. Sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang menunjang penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin belajar selama pembelajaran jarak jauh Di SD N Genting 02 yaitu sebagai pendidik, menjadi guru di rumah. Pendorong, menciptakan lingkungan rumah yang nyaman. Panutan, dalam disiplin tanggung jawab, disiplin waktu, serta disiplin perbuatan. Teman, menjadi pendengar untuk anak. Pengawas, pendampingan belajar anak. Konselor : memberikan pertimbangan baik buruknya terhadap suatu hal. (2) Metode orang tua dalam membentuk karakter disiplin belajar selama pembelajaran jarak jauh Di SD N Genting 02 melalui metode Keteladanan, dukungan orang tua dalam kegiatan di masyarakat. Metode pembiasaan, membiasakan kegiatan sehari-hari. Metode Nasehat, memberikan nasehat serta motivasi yang dapat membangun karakter dengan baik. Metode pengamatan dan pengawasan, pendampingan belajar secara langsung. Metode hukuman, membersihkan lingkungan rumah ketika melakukan pelanggaran. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat orang tua dalam membentuk karakter disiplin belajar selama pembelajaran jarak jauh Di SD N Genting 02 terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 18:03 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 11:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12294 |
Actions (login required)
View Item |