Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat di Kelas IX SMP Negeri 1 Jambu Tahun ajaran 2021/2022

ERSAYANTI, FRIDA (2021) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat di Kelas IX SMP Negeri 1 Jambu Tahun ajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Frida Ersayanti 23070170102 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan matematika pada materi bilangan berpangkat. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas IXE berdasarkan kategori kecemasan matematika tinggi dan rendah. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa berbanding terbalik dengan kecemasan matematika siswa. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sangat rendah memiliki kecemasan matematika yang tinggi, dan siswa dengan kemampuan koneksi matematis sangat tinggi memiliki kecemasan matematika yang rendah. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sangat rendah belum mampu memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis. Sedangkan siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi memenuhi semua indikator koneksi matematis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan matematika pada materi bilangan berpangkat. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas IXE berdasarkan kategori kecemasan matematika tinggi dan rendah. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa berbanding terbalik dengan kecemasan matematika siswa. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sangat rendah memiliki kecemasan matematika yang tinggi, dan siswa dengan kemampuan koneksi matematis sangat tinggi memiliki kecemasan matematika yang rendah. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sangat rendah belum mampu memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis. Sedangkan siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi memenuhi semua indikator koneksi matematis.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2021 16:17
Last Modified: 29 Nov 2021 09:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item