PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTs AL- ITTIHAD SEMOWO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FITRIANI, NURYAH (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTs AL- ITTIHAD SEMOWO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nuryah Fitriani 2306017047 6.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitriani, Nuryah. 2021. Pengaruh Model Project Based Leraning Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd Kata Kunci: Project based learning, praktikum, keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII di MTs Al-Ittihad. Jenis penelitain ini merupakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda dan lembar observasi.Pengujian hipotesis menggunakan koefisien korelasi, regresi liner sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan model project based learning berbasis praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji T Independent T-Test diperoleh nilai 9.770 > 2.010 yang berarti kedua varain memiliki perbedaan dua rata-rata. Hasil koefisen korelasi yang mempunyai nilai 0,655 yang berarti kedua variabel berhubungan kuat kemudian uji regersi liner sederhana yang mempunyai nilai Sig 0.000 < 0,005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model project based learining berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa dengan persaman regersi liner sederhana keterampilan proses sains siswa = 47.030 + 0.567X. Selanjutnya hasil uji koefisen determinasi memiliki hasil R Square 0.429 yang menunjukan besarnya pengaruh model project based learining berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dapat sebesar 42.9% dapat diartikan mempunyai pengaruh terhadap keterampilan proses sains.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2021 13:11
Last Modified: 06 Dec 2021 13:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item